Jumat, 19 Desember 2014

FAULT TOLERANCE, DATA TRANSACTION AND REPLICATION

Sebuah kecelakaan (atau sistem crash) dalam komputasi adalah suatu kondisi di mana sebuah komputer atau program, baik aplikasi atau bagian dari sistem operasi, berhenti berfungsi dengan baik, sering keluar setelah menghadapi kesalahan. Seringkali program menyinggung mungkin muncul untuk membekukan atau hang sampai layanan pelaporan kecelakaan dokumen rincian kecelakaan itu. Jika program adalah bagian penting dari kernel sistem operasi, seluruh komputer dapat kecelakaan. Hal ini berbeda dari hang atau membekukan dimana aplikasi atau OS terus berjalan tanpa respon jelas untuk masukan.

Fault Tolerance
Fault Tolerance adalah kemampuan dari suatu sistem untuk dapat tetap berfungsi meskipun mengalami kegagalan.
Fault tolerance dalam suatu server dapat berupa:
·         Redundant Power supply (power supply cadangan)\
·         Redundant FAN
·         Online spare (Memory & HDD)
·         Mirroring (Memory & HDD)
·         RAID 1, RAID 5, dan RAID 6

Fault tolerant merupakan bagian yang penting yang saat ini terus dikembangkan untuk meningkatkan reliabilitas system. Secara umum terdapat dua metode fault tolerant, yaitu hardware dan software fault tolerant. Sistem dengan fault tolerant merupakan system dengan kemampuan untuk tetap beroperasi walaupun kondisi saat itu tidak mendukung (terjadi fault pada system).

Data Transaction
Transaksi merupakan bagian dari pengeksekusian sebuah program yang melakukan pengaksesan basis data dan bahkan juga melakukan serangkaian perubahan data.  DBMS yang kita gunakan harus menjamin bahwa setiap transaksi harus dapat dikerjakan secara utuh atau tidak sama sekali.  Tidak boleh ada transaksi yang hanya dikerjakan sebagian, karena dapat menyebabkan inkonsistensi basis data.  Untuk itu transaksi selalu merubah basis data dari satu kondisi konsisten ke kondisi konsisten lain.


Data yang menggambarkan suatu peristiwa (perubahan sebagai hasil dari transaksi). Transaksi data selalu memiliki dimensi waktu, sebuah nilai numerik, dan mengacu pada satu atau lebih objek.
Hal yang harus diperhatikan dalam proses transaksi:
·         Harus memaksimalkan concurrency sambil menjamin konsistensi
·         Harus terlindungi dari kegagalan

Replication
Replikasi adalah suatu teknik untuk melakukan copy dan pendistribusian data dan objek-objek database dari satu database ke database lain dan melaksanakan sinkronisasi antara database sehingga konsistensi data dapat terjamin. Dengan menggunakan teknik replikasi ini, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda melalui koneksi jaringan lokal maupun internet. Replikasi juga memungkinkan untuk mendukung kinerja aplikasi, penyebaran data fisik sesuai dengan penggunaannya, seperti pemrosesan transaksi online dan DSS (Desiscion Support System) atau pemrosessan database terdistribusi melalui beberapa server.





Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar