Rabu, 02 Maret 2011

tulisan

KIAT KIAT BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI
Di perguruan tinggi kita sebagai mahasiswa di tuntut untuk bertanggung jawab dan mandiri. Di perguruan tinggi mahasiswa harus bias dewasa dan aktif dalam perkuliahan. Karena kita harus mencari – cari dosen bila tugas atau nilai kita masih kurang. Perkuliahan sangat jauh berbeda dengan sekolah. Kita sebagai mahasiswa harus siap dengan tugas – tugas di tiap harinya. Diperkuliahan dosen tidak akan menyuruh kita untuk mencatat, tapi kita lah yang harus punya inisiatif untuk mencatat pa yang sudah dosen berikan.
Beberapa tips tentang kiat belajar di perguruan tinggi:
1.      Masuk kuliah tepat waktu. Masuk ruangan kuliah lima menit sebelum dosen dating, dan masuk lebih awal akan lebih baik dari pada masuk terlambat. Mahasiswa yang lebih dulu masuk ruangan dapat mempersiapkan diri untuk menerima materi kuliah yang akan di berikan oleh dosen, sebaliknya, mahasiswa yang datang terlambat akan mendapatkan kerugian. Tidak hanya tertinggal mencatat bahan kuliah, tapisukar untuk mengerti pokok bahasan apa yang telah disampaikan dan di jelaskan oleh dosen.
2.      Duduk di kursi depan.  mahasiswa yang duduk di depan tentu lebih jelas mendengar apa yang di jelaskan oleh dosen. Sedangkan mahasiswa yang duduk di belakang tidak begitu jelas mendengar penjelasan dosen. Duduk di kursi depan dapat membantu menambah konsentrasi dan dapat memperkecil berbagai gangguan yang tidak di inginkan. Lain halnya bagi mahasiswa yang duduk di belakang, mereka tentu merasakan kurang mendengar suara dosen. untuk menerima gangguan lebih besar kemungkinannya.
3.      Bertanya jika ada yang kurang dimengerti. Jangan malu untuk bertanya apabila kita mengalami kesulitan dalam pelajaran. Kita dapat bertanya kepada dosen atau teman kita yang sudah paham dan mengerti tentang pelajaran tersebut. Jangan menumpuk pertanyaan-pertanyaan kita karna apabial dasarny kita sudah tidak bisa akan sulit untuk mengikuti materi-materi seterusnya.
4.       Selesaikan tugas tepat waktu. Kerjakanlah tugas hari itu juga, jangan di tunda – tunda.karena pasti setiap hari kita akan mendapat tugas dari dosen. tugas yang menumpuk akan membuat kita kesulitan untuk menyelesaikannya.



MAKNA KATA “SUKSES”
Kata sukses itu mempunyai arti yang berbeda bagi stiap orang. John C, Maxwell dalam bukunya “The Success Journey” menyatakan bahwa sukses sejati bukanlah sesuatu yang bisa kita capai atau peroleh. Menurutnya sukses itu sebenarnya suatu perjalanan yang harus kita tempuh sepanjang hidup. Jadi sukses menurut saya adalah perjalanan kedalam diri kita yang paling dalam, apabila kita telah mencapai tujuan hidup yang kita cita – citakan, dan semua yang kita kerjakan dapat berguna bagi semua orang.

YANG AKAN DI KERJAKAN SETELAH LULUS KULIAH
Setiap mahasiswa pasti menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang di ambil saat kuliah dan bekerja di perusahaan yang bagus setelah lulus kuliah nanti. Kenapa kita di tuntut untuk bekerja setelah lulus kuliah nanti? Karena Perubahan dunia yang begitu cepat, persaingan dunia usaha yang begitu ketat, dan peningkatan biaya hidup, berdampak luar biasa kepada para pekerja ; bagi dirinya, keluarga, dan perusahaannya. Dan hanya kita yang bisa menentukan. Hidup untuk kerja atau kerja untuk hidup. Sedemikian besar persaingan antara dunia akademis dan dunia praktisi di Indonesia. Telah banyak usaha yg dilakukan untuk memperkecil jurang pemisah tersebut. Namun, data statistik menunjukkan jumlah pengangguran intelektual di Indonesia kian bertambah antara lain akibat kurang persiapan para sarjana menghadapi dunia kerja. Untuk mengetahui akan jadi apanya setelah lulus kuliah nanti, kita harus mengenali diri kita sendiri untuk mengetahui potensi - potensi apa yang ada di dalam diri kita. Globalisasi membawa banyak perubahan, termasuk jatuh bangunnya sebuah usaha, perusahaan, proses kerja, dan karier. Tidak jaminan bagi perusahaan untuk esok hari masih sukses. Dengan demikian, tak ada pula jaminan pekerjaan seseorang untuk tetap ada. Dan kenyataan ini mengubah karakteristik seseorang dalam bekerja setelah lulus nanti

ARTI SARJANA MEMBUMI
seorang sarjana yang sudah selesai menyelesaikan kuliahnya dan lulus dengan hasil yang memuaskan dan  terjun langsung kedalam dunia masyarakat . Makin banyak mahasiswa dan lulusan sarjana, makin sempit mendapatkan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, kita harus menggali potensi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar