Senin, 16 Juni 2014

Tahapan – Tahapan Penulisan Karangan Ilmiah

Nama   : Fazri Indra Kurniawan
NPM   : 1A113261
Kelas   : 4KA41

1.      Tahap Persiapan
Pada tahap ini yang dilakukan adalah menentukan topik atau mengajukan topik yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah, yang berisi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan. Melakukan penginstalan software yang akan dibuat dalam penulisan ilmiah.

2.      Tahap Pengumpulan Data
Pada tahap ini yang dilakukan adalah mencari bahan materi atau mencari referensi yang bersangkutan dengan topik atau tema. Lalu melakukan pengamatan langsung atau observasi ke obyek yang akan diteliti. Dan melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan yang didapat dari tempat penelitian.

3.      Tahap Pengorganisasian
Pada tahap ini yang dilakukan adalah mengelompokan data untuk mengorganisasikan bagian mana yang akan temasuk dalam karya ilmiah, data yang telah terkumpul dimasukkan kedalam aplikasi atau program yang akan dibuat.

4.      Tahap Pemeriksaan / Penyuntingan konsep
Pada tahap ini yang dilakukan adalah melengkapi data yang dirasa masih kurang dan memeriksa setiap kata-kata dalam penulisan ilmiah untuk menghindari penyajian data secara berulang-ulang atau terjadi tumpang tindih antara tulisan satu dengan tulisan yang lain. Dan memeriksa kembali setiap bahasa yang ada dalam penulisan ilmiah untuk menghindari pemakaian bahasa yang kurang efektif, contoh dalam penyusunan dan pemilihan kata, penyesuaian kalimat, penyesuaian paragraph, maupun penerapan kaidah ejaan sesuai EYD.

5.      Tahap Penyajian

Pada tahap ini yang dilakukan adalah menyajikan penulisan ilmiah yang rapih sesuai dengan format penulisan ilmiah yang berlaku, dari cover, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar